20 TSBK Kota Bima Siap Bangun Kelurahan Tangguh dengan Bank Sampah

Bank Sampah Sarae Ma Raso sebagai pusat Bank Sampah Kota Bima

Bank Sampah Sarae Ma Raso sebagai pusat Bank Sampah Kota Bima

Kabarkita, Kota Bima – Sebanyak 20 Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK) yang dibentuk BPBD Kota Bima, saat ini siap membangun Kelurahan Tangguh sebagai manifestasi visi Kota Bima Tangguh Bencana.

Hak itu disampaikan Kepala BPBD Kota Bima, H. Syarafuddin, saat memberikan sambutan pada peluncuran Bank Sampah sebagai upaya memperkuat ketangguhan Kota Bima dalam mengurangi resiko bencana, Senin (10/10) di Kelurahan Sarae Kota Bima.

Menurutnya, keberadaan TSBK yang baru terbentuk di 20 kelurahan dan akan menyusul 18 kelurahan lainnya ini, harus mampu memberikan sumbangsih ide dan aksi bagi pemberdayaan masyarakat.

“Oleh karenanya, TSBK harus rajin bersilaturrahmi dan menggali potensi yang ada di kelurahan masing-masing untuk bisa dikembangkan melalui program-program kemasyarakatan, salah satunya melalui Bank Sampah”, jelasnya.

Lebih lanjut Syarafuddin memaparkan bahwa apapun program dari TSBK terutama Bank Sampah, akan didukung penuh oleh sejumlah SKPD terkait yang telah menandatangani nota dukungannya pada program memperkuat ketangguhan Kota Bima.

“Dengan semangat teman-teman TSBK ini insya Allah kita mendukung Kota Bima sebagai Kota Tangguh Bencana”, ujar Syaraf.

Sebagai pusat Bank Sampah Kota Bima, telah ditunjuk Bank Sampah Sarae ma Raso yang ada di Kelurahan Sarae. Kedepannya, kelurahan-kelurahan lain akan menjadi cabang dari Bank Sampah tersebut.

Menurut Syarafuddin, pembentukan Bank Sampah ini diperlukan untuk menciptakan Kota Bima bebas sampah, karena keberadaan sampah yang berserakan dimana-mana juga merupakan bagian dari bencana.

Selain pembentukan Bank Sampah yang didukung oleh Oxfam dan dibina oleh LP2DER, tahun ini BPBD juga sudah bekerjasama dengan PP Muhammadiyah untuk membentuk Rumah Sakit Tangguh Bencana.

“Untuk rumah sakit tangguh bencananya sudah ada yaitu Rumah sakit Muhammadiyah, sementara perangkat pendukungnya sudah mulai diadakan dan Insya Allah tahun depan sudah mulai beroperasi”, pungkasnya.

(Visited 62 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

       © 2015| Kabarkita.info| Redaksi| Pasang Iklan| Privacy Policy