Aksi Solidaritas Wartawan Dompu Untuk Wartawan Korban Pemukulan

Aksi wartawan Dompu di depan DPRD Dompu

Aksi wartawan Dompu di depan DPRD Dompu

Kabarkita, Kabupaten Dompu – Puluhan wartawan Dompu yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), dan Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI), menggelar aksi demonstrasi  di depan Kantor DPRD Dompu dan Kodim Dompu.

Dalam aksi yang digelar sebagai bentuk solidaritas terhadap dua wartawan yang menjadi korban kekejaman oknum anggota TNI AU itu, para orator aksi masing-masing mengecam tindak kekerasan yang terjadi di Medan Sumatera Utara, apapun alasannya.

“Aksi kekerasan terhadap jurnalis apapun alasannya, harus kita kecam bersama. Karena jurnalis merupakan salah satu pilar demokrasi bangsa”, ucap Miftahul Yani, yang menjadi korlap aksi, Selasa (16/08) pagi.

Selain melakukan orasi dan bagi selebaran, sejumlah wartawan yang ada, menanggalkan id card sebagai bentuk protes terhadap tindak kekerasan oknum angota TNI AU terhadap dua jurnalis yang meliput sengketa lahan antara warga dan anggota TNI AU di Medan.

Setelah melakukan orasi dan bagi selebaran hampir 15 menit di depan DPRD Dompu, para jurnalis Dompu kemudian bergeser kelokasi berikutnya yaitu di depan Kodim Dompu.

Di depan Kodim Dompu, masing-masing ketua organisasi wartawan bergantian melakukan orasi. Ketua IJTI Dompu, Adhar Pangeran, menyampaikan, sudah bukan zamannya lagi anggota TNI melakukan tindak kekerasan terhadap masyarakat, apalagi terhadap jurnalis yang melakukan tugas peliputan.

“Sekarang bukanlah zaman orde baru, dimana anggota TNI bisa semena-mena terhadap rakyat. Kalau ingin menunjukkan kekuatan, silahkan kemedan pertempuran”, tegas pangeran.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Dompu,  M. Rifaid, SH, berharap, agar peristiwa kekerasan terhadap jurnalis seperti yang terjadi di Medan, jangan sampai menimpa jurnalis lain di Indonesia, lebih khusus lagi jurnalis di Kabupaten Dompu.

“Jangan sampai, apa yang terjadi di Medan, juga terjadi di Dompu. Wartawan adalah mitra semua pihak” ungkapnya.

 

(Visited 50 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

       © 2015| Kabarkita.info| Redaksi| Pasang Iklan| Privacy Policy