Cegah Konflik Kesbangpol Gelar FGD

Foto bersama usai Focus Discusion Group

Foto bersama usai Focus Group Discussion

Kabarkita, Kabupaten Bima – Bertempat di Aula Hotel La Ila Kota Bima, Bakesbangpoldagri NTB dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Bima, Rabu (02/11), menggelar Focus Group Discussion terkait pencegahan dan penanganan konflik pelajar dan masyarakat di Kabupaten Bima.

Dengan dihadiri 70 orang peserta, kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Asisten I Bupati Bima, H. Qurban, SH.

Dalam Sambutannya, H. Qurban mengapresiasi kegiatan diskusi semacam ini, sebagai bentuk kerjasama pemerintah dan masyarakat dalam mengantisipasi segala macam bencana, baik itu bencana alam maupun bencana karena ulah tangan manusia.

“Segala permasalahan yang kompleks dan beragam, harus segera diantisipasi oleh seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah, agar tercipta Kabupaten Bima yang ramah bagi semua orang”, kata Qurban.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengkajian Masalah Strategis (PMS) Bakesbangpoldagri NTB, Drs. Sofian, saat diwawancarai Kabarkita menyatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut memang dimaksudkan untuk memaksimalkan peran serta masyarakat dalam mendeteksi dini potensi konflik yang ada di Kabupaten Bima, agar bisa segera dicarikan upaya pencegahannya dan permasalahan yang terjadi dimasyarakat tidak menimbulkan konflik sosial.

“Oleh karena itu kami membangun komunikasi dan kemitraan dengan masyarakat termasuk LSM dan lembaga pendidikan, agar nanti bisa membangun jaringan komunikasi dimasyarakat sehingga mampu mendeteksi konflik dan mencarikan solusi permasalahannya”, terang Sofian.

Dengan pertemuan ini Sofian juga berharap agar Pemda Bima bisa mengadopsi diskusi-diskusi semacam ini dan bisa menindak lanjuti hasil diskusi dan rekomendasi dari Focus Group Diskusi yang dilakukan.

(Visited 71 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

       © 2015| Kabarkita.info| Redaksi| Pasang Iklan| Privacy Policy