Dengan Adiwiyata, SDN No 32 Kota Bima Olah Sampah Jadi Pupuk Organik

Wakil Kepala Sekolah SDN 32 Kota Bima, Hj. Titin Sri Supartini, S.Pd saat diwawancarai oleh Kabakita

Kabarkita, Kota Bima – Memberikan pemahaman pada siswa akan pentinganya menjaga lingkungan hidup dan melestarikan alam, menjadi penting ditengah ketidak pedulian sebagian orang akan pentingnya menjaga ekosistem alam. Selain masalah penggundulan hutan, polusi, limbah, perusakan ekosistem laut dan masalah menipisnya lapisan ozon, masalah sampah juga tak kalah pentingnya untuk dipahamkan pada siswa sejak dini.

Di SDN 32 Kota Bima, dengan program Adiwiyata yang merupakan program kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Kini para siswa sudah diajak untuk sadar akan pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Mulai dari hal hal kecil seperti sampah, para siswa di SDN 32 Kota Bima kini sudah mampu memilah sampah dan mengolahnya menjadi produk kreatif.

Tidak hanya itu, siswa SDN 32 Kota Bima kini juga sudah mampu mengolah sampah organik yang ada disekitar sekolah mereka, untuk dijadikan pupuk organik. Pupuk organik itu kemudian digunakan siswa untuk menyuburkan tanaman yang ada disekolah mereka.

Kendati masih dalam skala kecil dan skup yang terbatas, namun kemampuan siswa dan keberhasilan sekolah Adiwiyata di SDN 32 Kota Bima ini patut ditiru dan diapresiasi.

Wakil Kepala Sekolah SDN 32 Kota Bima, Hj. Titin Sri Supartini, S.Pd, yang ditemui wartawan Kabarkita di ruangannya, Selasa (03/03) menyampaikan bahwa, dalam memotifasi siswa, guru pembina sekolah Adiwiyata telah memilih sejumlah siswa untuk menjadi duta sekolah dalam berbagai kebutuhan.

“Jadi anak anak itu diajarkan untuk berkreasi dan bertanggung jawab juga dalam tugasnya. Oleh karena itu ada beberapa duta yang kita bentuk, mulai dari duta kantin, duta literasi, duta sanitasi, dan duta daur ulang”, ungkap Hj. Titin.

Selain itu, beberapa siswa juga terlibat dalam berbagai perlombaan dan mampu meraih juara 3 besar dalam setiap perlombaan yang diikuti, baik perlombaan tingkat kota maupun tingkat propinsi.

Bahkan diungkap Hj. Titin, minggu lalu SDN 32 mengelar lomba daur ulang sampah menjadi barang-barang layak pakai. Barang barang bekas yang dipakai adalah botol yang biasanya selama ini setelah digunakan untuk minum selalu dibuang begitu saja.

“Harapan besar saya sih agar program Adiwiyata ini bisa ditukarkan pada sekolah lain yang belum tersentuh program semacam ini. Ini penting bagi siswa dalam membangun rasa cinta mereka pada lingkungan sejak dini”, harap Hj Titin mengakhiri wawancara.
[12:48, 4/4/2018] Omcen: Tuntut Tuntaskan Masalah BLUD dan OTT, LMND Demo Bupati Bima

Kabarkita, Kota Bima – Kendati sudah tak seramai satu atau dua minggu lalu, masalah kepulangan jasad bayi dari BLUD Bima menggunakan sepeda motor dan kasus OTT yang kemudian tak berujung, ternyata masih seksi untuk disuarakan lagi.

Rabu (04/03) pagi, Liga Mahasiswa Nasionalis untuk Demokrasi (LMND) Kota Bima, kembali mendatangi Kantor Bupati Bima guna menyuarakan dua permasalah yang dinilai tak memiliki ending yang jelas.

Padahal menurut para demonstran, masalah di BLUD Bima tidak cukup hanya dengan perolingan kepala ruangan di BLUD Bima. “Sesuai dengan tuntutan kami, Kepala BLUD Bima itu harus dicopot juga”, tegas korlap aksi, Rianto.

Begitupun dengan masalah OTT yang dilakukan team Cyber Pungli terhadap kepala UPTD Bolo akhir maret lalu. Mahasiswa menuntut agak kasus OTT itu tidak berakhir dengan diplomasi, tapi harus diproses secara hukum oleh aparat kepolisian, dan penindakan secara administrasi oleh Bupati Bima.

“Kami akan terus menyuarakan dua tuntutan ini sampai benar benar tuntas”, jelas Rianto.

Selain dua masalah itu, LMND Kota Bima Juga menyoroti isu-isu nasional yang berkaitan dengan masalah kerakyatan diantaranya, turunkan harga kebutuhan pokok, tolak liberalisasi pendidikan, tolak perguruan tinggi asing, tolak revisi UU MD3 dan tegakkan pasal 33 UUD 1945.

(Visited 20 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

       © 2015| Kabarkita.info| Redaksi| Pasang Iklan| Privacy Policy