Kabar Gembira, 2018 Pelayanan SIM dan Pengaduan Online di Polres Bima Kota

Kapolres Bima Kota didampingi Kasubdit Humas dan Kasat Narkoba

Kabarkita, Kota Bima – Bagi masyarakat Kota Bima yang selama ini mungkim merasa ribet dengan urusan pembuatan SIM (Surat Ijin Mengemudi) atau perpanjang SIM, mulai tahin 2018, pelayanan pembuatan SIM dan perpanjang SIM sudah bisa dilalukan secara online.

“Isi formulir secara online, bawa KTP ke Satlantas maka dalam beberapa menit SIM baru atau perpanjangan SIM nyapun sudah bisa dilakukan”, terang IPTU Dony SIK

Menurut Dony , hal ini juga berlaku bagi warga Kota Bima yang tinggal diluar daerah dan warga luar daerah yang berdomisili di Kota Bima. Bagi warga Kota Bima yang alamat SIM dan KTP nya itu Kota Bima namun ia sedang berada diluar daerah, maka proses yang samapun boleh dilakukan dengancara mengisi formulir online lalu mendatangi Mapolres setempat guna mengambil kartu SIM dengan membawa KTP dan menunjukkan kartu domisili.

Tidak hanya pembuatan KTP, tilang online pun akan segera diterapkan di Polres Bima Kota.

“Para pelanggar lalu lintas bisa langsung akses transfer penilangan melalui handphone atau ATM guna membayar denda tilang yang telah ditetapkan”, ungkap Dony.

Ditambahkan Kapolres Bima Kota, AKBP Ida Bagus Made Wiranata SIK, tilang online dan pembuatan SIM online ini dimaksudkan untuk menciptakan pelayanan prima dan menghilangankan praktek praktek pungli di institusi kepolisian.

Kapolres Bima Kota juga menambahkan, selain SIM online dan tilang online, Tahun 2018 di Polres Bima Kota pun akan melayani pengaduan masyarakat melalui Layanan pengaduan online.

“Warga yang hendak melakukan pengaduan tinggal telpon ke 110, maka operator di SPKT akan melayani pengaduan masyarakat dan membuatkan laporannya”, jelas Kapolres Bima Kota.

Saat ini, perangkat pendukung bagi pelayanan pengaduan online sudah ada di SPKT Polres Bima Kota, sementara perangkat bagi tehnology SIM online akan menyusul pada bulan Desember ini.

Rencananya, pasca penerapan pelayanan online di Polres Bima Kota, sejumlah kamera pengawas jalan raya juga akan dipasang disejumlah jalan dan dipantau langsung oleh petugas kepolisian yang ada di Mapolres Bima Kota. (Dodi)

(Visited 25 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

       © 2015| Kabarkita.info| Redaksi| Pasang Iklan| Privacy Policy