Keterbukaan Informasi Bukan Beban

Kabarkita, Kota Bima – “Keterbukaan informasi bukan beban dan halangan, malah akan dapat menolong menyelesaikan persoalan pada semua bidang pembangunan, baik kesehatan, pendidikan dan bidang lainnya serta membantu anak bangsa menggapai cita- citanya”.
Demikian ungkap Komisioner Komisi Informasi Provinsi NTB Lalu Ahmad Busyaeri pada Bimbingan Teknis Penguatan Kelembagaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Tahap II Desa Panda Kecamatan Palibelo, Selasa (17/4) di Kantor Desa Panda.
Bimtek tersebut digelar oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi NTB bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bima dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bima dan diikuti 20 orang peserta dari perangkat desa dan elemen masyarakat Desa Panda.
Dihadapan Camat Palibelo Drs. Darwis, Kades Panda dan peserta Bimtek, Komisioner Komisi Informasi Provinsi NTB Lalu Ahmad Busyaeri mengawali pemaparannya dengan menyampaikan sejumlah contoh kasus potret pengelolaan dana desa di beberapa wilayah Indonesia akibat kurangnya transparansi informasi publik yang dapat diakses oleh masyarakat.
Potret buram pelayanan publik di desa seperti dugaan penyelewengan dana desa dan saling lapor kepada aparat penegak hukum masih terjadi. Hal ini lanjut Busyaeri disebabkan karena masyarakat tidak dilibatkan dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, sementara hal tersebut sudah diatur dalam undang-undang tentang desa.
“Pemerintah desa harus terbuka, bukan hanya memberikan informasi tapi terbuka menerima masukan bagi penyelenggaraan urusan publik. Mendengar dan menerima usul saran masyarakat diperlukan untuk memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminasi tentang penyelenggaraam pemerintah dan tetap memperhatikan ketentuan penting untuk dijabarkan”. Jelasnya.
Selain di Desa Panda, Bimtek tersebut juga dilaksanakan di Desa Leu, Kecamatan Bolo dengan materi dan komposisi peserta yang sama. (Diskominfostik)

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

       © 2015| Kabarkita.info| Redaksi| Pasang Iklan| Privacy Policy