Konflik Blok Kesi, Warga Datangi Kediaman Ketua Dewan

Puluhan warga dihalaman rumah ketua DPRD Dompu

Puluhan warga dihalaman rumah ketua DPRD Dompu

Kabarkita, Kabupaten Dompu – Dengan menggunakan truk dan sepeda motor, puluhan warga Desa Madaprama, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, mendatangi rumah dinas Ketua DPRD Dompu, Yuliadin, S.Sos, Jum’at (28/10) pagi.

Kedatangan warga Madaprama yang dipimpin Juliansah, Kades Madaprama Suradin, S.Pd dan Ilham Yahyu, S.Pd, guna menanyakan kelanjutan aksi mereka beberapa minggu lalu terkait sengketa lahan HKM Blok Kesi Desa Tolokalo, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu.

Warga menanyakan apa sikap dan keputusan DPRD Dompu dan Pemda Dompu terkait permasalahan sengketa tersebut.

Karena menurut warga, saat ini warga 4 desa yang sebelumnya menguasai lahan HKM Blok Kesi, kini sudah tidak diperbolehkan lagi oleh warga Desa Kesi dan Tolokalo untuk berladang disana. Padahal menurut warga Madaprama, lahan Blok Kesi yang kini sudah menjadi HKM, yang membukanya menjadi ladang seperti sekarang ini adalah warga Desa Madaprama, Desa O’o, Desa Soriutu dan Desa Sorisakolo.

Ilham Yahyu, S.Pd, yang mendampingi warga menyampaikan bahwa, penting untuk dihadirkan seluruh unsur pimpinan daerah dalam menyelesaikan permasalahan sengketa lahan ini. Begitupun dengan anggota DPRD dapil III yang seharusnya hadir disaat masyarakat yang diwakilinya membutuhkan solusi bagi permasalahan kehidupan mereka.

“Segera hadirkan seluruh anggota DPRD Dapil III itu. Apa kerja mereka sehingga permasalahan konflik yang sudah menahun ini tidak juga bisa diselesaikan”, teriak Ilham di halaman rumah Ketua DPRD Dompu.

Karena tuntutannya tidak juga diindahkan, Ilham kemudian mengancam akan mendatangkan seluruh warga 4 desa yang terusir dari Blok Kesi untuk menginap di kediaman Ketua DPRD Dompu.

Kasat Binmas, Kapolsek Dompu, Kasat Pol PP Dompu dan beberapa anggota DPRD seperti Muhammad Ikhsan, S.Sos dan Ikhwahyudin AK pun terlihat hadir di kediaman Ketua DPRD.

Dihadapan warga yang ada, Ikhwahyudin AK menyampaikan agar masyarakat bisa membicarakan permasalahan itu dengan cara duduk bersama dengan seluruh unsur pimpinan daerah Kabupaten Dompu. Tapi karena tidak semua unsur pimpinan daerah bisa hadir saat itu, Ketua DPRD Dompu, Yuliadin, S.Sos pun meminta warga untuk menunggu kabar darinya melalui Kepala Desa Madaprama tentang jadwal pertemuan yang tepat untuk membahas permasalahan sengketa lahan garapan di Blok Kesi Kecamatan Kempo.

“Jadi Bupati baru akan tiba di Dompu itu besok pagi, beri kesempatan saya untuk menyampaikan permasalah ini pada Bupati, baru setelah itu saya akan kabari kapan kita akan menggelar pertemuan selanjutnya”, jelas Yuliadin dihadapan perwakilan warga.

Warga yang hadir pun sepakat untuk kembali menunggu penjadwalan pertemuan dengan pemerintah setelah sebelumnya pernah juga dijadwakan hari Senin, namun sampai empat kali hari Senin belum juga terealisasi pertemuannya. (San/Hagus)

(Visited 102 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

       © 2015| Kabarkita.info| Redaksi| Pasang Iklan| Privacy Policy