Mengapa Di Pulau Sumbawa Sering Terjadi Gempa Bumi? Ini Jawabannya

images (1)
Peta jalur gempa diselatan dan utara pulau sumbawa

Peta jalur gempa diselatan dan utara pulau sumbawa

Kabarkita, Kabupaten Dompu – Gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi. Akumulasi energi penyebab terjadinya gempa bumi dihasilkan dari pergerakan lempeng-lempeng tektonik. Energi yang dihasilkan dipancarkan ke segala arah berupa gelombang gempa bumi sehingga efeknya dapat dirasakan sampai ke permukaan bumi.

Indonesia merupakan daerah rawan gempa bumi karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu: Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik.
Lempeng Indo-Australia bergerak relatif ke arah utara dan menyusup ke dalam Lempeng Eurasia, sementara Lempeng Pasifik bergerak relatip ke arah barat. Jalur pertemuan lempeng berada di laut sehingga apabila terjadi gempa bumi besar dengan kedalaman dangkal maka akan berpotensi menimbulkan tsunami sehingga Indonesia juga rawan tsunami.
Lantas mengapa di Pulau Sumbawa sering terjadi gempa bumi?
Pulau Sumbawa  merupakan salah satu dari deretan kepulauan di Nusa Tenggara Barat  yang mempunyai tingkat kegempaan cukup tinggi, baik di bagian Selatan  maupun utara karena Pulau Sumbawa diapit oleh dua jalur patahan aktif yaitu daerah selatan di sekitar pertemuan lempeng tektonik  Samudra Indonesia dengan lempeng benua Eropa-Asia (Eurasia), dan daerah utara disekitar patahan aktif Sesar naik belakang busur kepulauan (back arc thrust).

Nah… Selama ini daerah utara selalu menjadi sasaran gempa bumi yang kerap menimbulkan banyak kerusakan. Mengapa demikian? Karena patahan utara pulau sumbawa merupakan patahan aktif Sesar naik belakang busur kepulauan (back arc thrust) yaitu tempat terjadinya gempa bumi dangkal. Akibat dangkalnya pusar gempa, mengakibatkan energi yang dihasilkan oleh gelombang  gempabumi lebih besar.

– See more

(Visited 201 times, 1 visits today)
images (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

       © 2015| Kabarkita.info| Redaksi| Pasang Iklan| Privacy Policy