Nggalo Maju, Berburu Menjangan Dengan Anjing

Kabarkita, Kabupaten Bima – Mungkin kita sering menonton di televisi bagaimana beberapa ekor anjing pemburu mematuhi perintah tuannya untuk memburu binatang buruan.

Di kaki Taman Nasional Gunung Tambora, masyarakat sekitarnya masih melakukan aktivitas perburuan itu secara tradisional dengan menggunakan beberapa ekor anjing.

Perburuan menjangan, atau lebih dikenal sebagai Rusa Timor ini dilakukan secara berkelompok oleh warga masyarakat. Satu kelompok pemburu terdiri dari 3 hingga 6 personil.

Untuk berburu, membutuhkan waktu minimal 2 hari, bahkan jika hari kedua buruan tidak didapat, bisa jadi perburuan akan memakan banyak lagi waktu, karena harus berpindah lokasi ke lokasi yang dianggap banyak rusa nya.

Aktivitas perburuan dimulai sejak sore hari, yaitu dimulai dengan pemasangan kawat jerat ke puluhan jalur yang dianggap sebagai jalur rusa. Baru pada keesokan subuhnya, para pemburu bergegas ke tempat yang lebih tinggi, untuk melepas anjing pemburu mereka.

Setelah tali kekang mereka di lepas, anjing-anjing pemburu itu akan menyisir punggungan dan lembah guna mendapatkan binatang buruan mereka yaitu Rusa Timor.

(Visited 465 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

       © 2015| Kabarkita.info| Redaksi| Pasang Iklan| Privacy Policy