Peduli Kemanusiaan, HMPSP Biologi Gelar Donor Darah

Kegiatan Donor Darah di STKIP Bima, Selasa.

Kota Bima, Bimakini.- Satu lagi kegiatan sosial bernilai positif yang dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP Bima. Mereka  yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (HMPSP Biologi) menggelar donor darah dengan tema “ Mewujudkan Solidaritas antar Sesama, Setetes darah Kita Sangat Berarti untuk Keluarga yang Membutuhkan”.

Kegiatan ini  kerjasama HMPSP Biologi dengan Unit Transfusi darah (UTD) RSUD Bima  yang dilaksanakan di Auditorium STKIP Bima, Selasa 3 April 2018. Aksi donor darah itu dibuka Wakil Ketua III STKIP Bima, Muhammad Tahir, SAg, MPd.

Diharapkannya, kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin tahunan. Juga lebih menyosialisasikannya, termasuk penyediaan posko pendaftaran agar dapat menampung lebih banyak lagi pendonor baik dari lingkungan kampus STKIP Bima maupun dari lingkungan sekitar.

Saat aksi donor darah ini, dikuti  51 orang dari 63 calon pendonor. Mereka sebelumnya mendaftarkan diri di sekretariat HMPSP Biologi STKIP Bima.

Ketua Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, Olahirullah, MPd sangat mengapresisi kegiatan yang dilaksanakan oleh HMPSP Biologi.

Dikatakannya, ini merupakan bentuk kegiatan yang mulia, karena bertujuan membantu sesama manusia. Donor darah ini tidak hanya bermanfaat bagi resepien (penerima darah), namun bagi pendonor memiliki manfaat yang besar.

“Donor darah secara rutin dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kanker, meningkatkan metabolism tubuh, dan dapat mengontrol kesehatan secara gratis,” terangnya.

Pengecekan kesehatan dan pengambilan darah dilakukan oleh dr H Sucipto, Kepala Unit Transfusi Darah Kota Bima dibantu staf Unit Transfusi Darah RSUD Bima. Hasil dari kegiatan donor darah ini yakni terkumpulnya 51 kantong darah yang dapat digunakan pasien di RSUD Bima. Apalagi selama ini  sering kekurangan stok darah.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

       © 2015| Kabarkita.info| Redaksi| Pasang Iklan| Privacy Policy