Perkuat Kemitraan, Kesbangpol Undang Pers dan LSM dalam Forum Diskusi

 

Forum diskusi yang digelar kesbangpollinmas Kab Bima

Kabarkita, Kabupaten Bima-Dalam rangka penguatan kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Bima dengan pers dan Organisasi non pemerintah, Jum’at (29/06) pagi, Bakesbangpollinmas Kabupaten Bima menggelar diskusi dan dialog  dengan tema “Penguatan Kemitraan Pemerintah dan Organisasi non Pemerintah Menuju Bima yang Ramah”.

Kegiatan yang seyogyanya dimulai pada pukul 08.00 wita itu, akhirnya dibuka secara resmi oleh Dandim 1608 Bima pada pukul 09.30, karena pada pagi itu Bupati Bima sedang ada kegiatan lain yang tak bisa diwakilkan.

Dalam sambutannya, Dandim 1608 Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, menyampaikan bahwa, kegiatan penguatan kemitraan seperti ini harusnya rutin dilaksakan, karena menururtnya, ini penting untuk membangun komunikasi dan menggali informasi dari berbagai sisi, terkait segala permasalahan yang ada di Kabupaten Bima.

“Paling tidak kita laksanakan sekali dalam sebulan. Kalau tidak bisa juga, minimal sekali dalam 3 bulan harus dilaksanakan kegiatan seperti ini”, harap Dandim.

Dalam diskusi yang berlangsung, beberapa hal yang dinggap sebagai biang konflik di Kabupaten Bima diungkap para peserta yang sebagian besar journalis. Diantaranya, lambanya respon pemerintah dalam memenuhi tuntutan masyarakat menjadi salah satu faktor membiasnya konflik yang ada.

Diskusi yang dipandu oleh Kepala Kesbangpol linmas, Edy Tarunawan, SH, mengakomodir 9 penanya dalam 3 sesi tanya jawab. Sebagian penanya juga menyoroti miss komunikasi antara pemerintah dan masyarakat juga menjadi faktor penyebab lain penyumbang konflik di Kabupaten Bima.

Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri, mengharap kerjasama media dan LSM dalam menyambung komunikasi dengan masyarakat jika informasi dari pemerintah tak tersampaikan dengan baik.

“Bukan hanya peristiwanya saja yang diliput, tetapi upaya pemerintah daerah dalam menangani konflik itu seharusnya diberitakan juga”, ungkap Bupati Bima.

Kegiatan tersebut dihadiri 71 peserta yang terdiri dari Pers, LSM, Ormas dan tokoh. Pada seluruh peserta, Dandim dan Bupati berharap agar seluruh masyarakat menjaga konrusifitas daerah Kabupaten Bima. (San)

(Visited 19 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

       © 2015| Kabarkita.info| Redaksi| Pasang Iklan| Privacy Policy