Prodi PB STKIP Bima Gelar Olimpiade Biologi

Kabarkita, Kota Bima- Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi STKIP Bima menggelar olimpiade biologi antara siswa SMA/MA se-Derajat, Tingkat Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu, Sabtu (3/2). Kegiatan ini  bertema “Melalui Olimpiade Biologi Mari Mewujudkan Generasi yang Mendulang Prestasi”.

Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi  (HMPS PB) STKIP Bima,  Qurais Syhab mengatakan, bahwa kegiatan olimpiade biologi, merupakan program kerja tahunan HMPS PB.

“Setiap tahun kami pengurus HMPS PB mengadakan kegiatan olimpiade Biologi antara siswa SMA/MA se-Derajat,” ujar Qurais Syhab.

Lanjut Qurais Syhab, bahwa kegiatan ini disiapkan sekitar 2 bulan, sejak Desember  2017. “Alhamdulillah hari ini bisa terlaksana,” ujarnya.

Baca Juga: Prodi Biologi STKIP Bima “Goes To Satonda Island”

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Biologi STKIP Bima, Erni Suryani, M.Pd menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi dengan sekolah yang ada di Kota, Kabupaten Bima dan Dompu, juga untuk memotivasi belajar siswa dan sekolah untuk meningkatkan prestasi dalam bidang biologi.

“Selain itu, olympiade ini dijadikan ajang sosialisasi dan promosi kampus dalam rangka penerimaan mahasiswa baru,” ungkapnya.

Erni Suryani juga menyampaikan, kegiatan olimpiade ini tidak hanya tingkat SMA/MA.  Tetapi juga untuk tingkat mahasiswa program studi Pendidikan Biologi.

Diharapkannya, agar kegiatan olimpiade berikutnya harus melibatkan seluruh sekolah SMA/MA se-Derajat yang di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu. Karena kegiatan ini sangat berdampak positif bagi kemajuan pendidikan di daerah.

Ketua STKIP Bima yang diwakili oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, M Taher, M.Pd memberikan apresiasi kepada HMPS PB yang telah mengadakan kegiatan olimpiade biologi antarsiswa SMA/MA Tingkat Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu. Apalagi kegiayan berjalan dengan sukses sesuai dengan harapan.

Menurut Taher, siswa sekarang ini harus diberi ruang untuk belajar dan mengasah kemampuannya. Jangan sampai adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, siswa justru sibuk dengan FB, BBM, Game, Twitter dan lainnya, bukan sibuk belajar.

Untuk itu, kata Taher, olimpiade biologi ini merupakan kegiatan positif. Siswa disibukkan untuk belajar dan membaca buku bukan disibukkan dengan media sosial.

“Semoga adanya olimpiade biologi ini dapat membentuk kongnitif, afektif dan psikomotorik siswa atau menghasilkan siswa yang mendulang prestasi,” ujarnya.

Kegiatan olimpiade biologi diikuti 28 siswa dari 10 sekolah, diantaranya SMAN 2 Kota Bima, SMAN 3 Kota Bima, MAN 1 Kota Bima, MAN 2 Kota Bima, SMAN 1 Madapangga, SMAN 1 Palibelo, SMAN 1 Wera, SMAN 1 Ambalawi, SMAN 2 Lambu DAN SMAN 2 Kempo.

Adapun hasil olimpiade tersebut, Juara 1 Nurlinah Amalia dari MAN 2 Kota Bima, Juara 2 Nur Fatayah dari SMAN 1 Wera, Juara 3 Azizul Rahman dari SMAN 2 Kota Bima.

Juara Harapan 1 Ayu Lestari dari SMAN 3 Kota Bima,  Juara Harapan 2 An Bil’is Ekarosadi dari MAN 1 Kota Bima.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

       © 2015| Kabarkita.info| Redaksi| Pasang Iklan| Privacy Policy